Penerimaan CPNS Kementerian Pertanian RI Seluruh Indonesia [475 Formasi] September 2017

Sedang memuat Penerimaan CPNS Kementerian Pertanian RI Seluruh Indonesia [475 Formasi]...
Harap Perhatikan Batas Akhir Lowongan Kerja yang tertera dibawah Informasi ini

Spotkerja.com – Penerimaan CPNS Kementerian Pertanian RI Seluruh Indonesia [475 Formasi], Lowongan Kerja CPNS Kementan, Kementerian Pertanian Republik Indonesia atau lebih dikenal dengan singkatan Kementan RI merupakan sebuah Kementerian yang ada dalam tatanan pemerintahan Indonesia yang memiliki peran dalam bidang urusan pertanian, perkebunan dan peternakan nasional Kementan Republik Indonesia dipimpin oleh Amran Sulaiman yang menjabat sebagai Menteri Pertanian Republik Indonesia. Kementerian Pertanian tugas dan fungsi dalam menyelenggarakan urusan bidang pertanian khususnya dalam pemerintahan yang meliputi perumusan, penetapan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pertanian. Indonesia termasuk negara yang memiliki lahan untuk perkebunan dan pertanian serta cocok dalam bidang peternakan. Untuk itu gak mempan berperan aktif dalam meningkatkan perekonomian nasional dengan bidang pertanian yang lebih berkembang di seluruh Indonesia. Kembali dibuka penerimaan CPNS di lingkungan Kementerian Pertanian Republik Indonesia baik yang memiliki pendidikan sarjana S1 dan sarjana S2 dan siap ditempatkan pada unit unit pelaksana teknis tersebar di 34 provinsi seluruh Indonesia melalui lowongan kerja CPNS Kementan Tahun Anggaran 2017 sebagai berikut

PENGUMUMAN NOMOR : 33ss /Kp .LLo / A/os /2oL7 TENTANG PELAKSANAAN SELEKSI CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA TAHUN ANGGARAN 2017. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 74 Tahun 2017 Tanggal 31 Agustus 2017, Kementerian Pertanian Republik Indonesia memberikan kesemp.atan kepada Warga Negara lndonesia untuk mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan ditugaskan di Iingkungan Kementerian Pertanian.

 

Rekrutmen CPNS Kementan 

I. UNIT KERJA YANG MENDAPATKAN ALOKASI FORMASI (ALOKASI PENEMPATAN)

1. SekretariatJenderal.,

2. Direktorat Jenderal Sarana dan Prasarana Pertanian.

3. Direktorat Jenderal Tanaman Pangan.

4. DirektoratJenderal Hortikultura.

5. DirektoratJenderal”perkebunan.

6. Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan.

7. lnspektorat Jenderal

8. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. 

9. Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian.

10. Badan Ketahanan Pangan.

11. Badan Karantina Pertanian.

12. Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang tersebar di 34 provinsi seluruh lndonesiar

.

JABATAN, KUALIF]KASI PENDIDIKAN DAN JUMLAH JENIS FORMASI 

Jabatan, kualifikasi pendidikan dan jumlah jenis formasi sebagai berikut:

 

Formasi CPNS Kementan
Formasi CPNS Kementan 

 

Formasi CPNS Kementan RI
Formasi CPNS Kementan RI

III. KRITERIA PELAMAR

1. Kebutuhan dari masing-masing jabatan diperuntukkan bagi pelamar dengan kriteria:

a. Cumlaude adalah pelamar lulusan terhaik {cumtaudeldengan pujian) dari Perguruan Tinggi terakreditasi A/Unggul dan Program Studi A/Unggul pada saat lulus dan dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaude/dengan pujian pada ijazah atau transkrip nilai.

b. Disabilitas adalah pelamar yang berkebutuhan khusus/memiliki keterbatasan fisik dengan kriteria:

1) Mampu melihat, mendengar dan berbicara dengan baik;

2) mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran dan berdiskusi.

3) Mampu bergerak dengan menggunakan alat bantu berjalan selain kursiroda;

c. Putra/Putri Papua dan Papua Barat adalah pelamar dengan kriteria:

1) menamatkan pendidikan SD atau yang sederajat, SMP/SLTP atau yang sederajat, dan SMU/SLTA atau yang sederajat di wilayah Papua dan Papua Barat; atau garis keturunan Orang tua (ayah kandung) asli Papua dan Papua Barat yang dibuktikan dengan Surat Akte Kelahiran Pelamar, Fotocopy KTP dan KTP dan Kartu Keluarga Bapak (ayah) kandung, dan surat keterangan domisili surat keterangan dari Lurah Kepala Desa).

d. Umurn adalah pelamar yang tidak termasuk kriteria sebagaimana huruf a, b dan c diatas.

2. Pelamar pada angkq 1 {satu) wajib memenuhi persyaratan pelamaran sebagaimana dalam pengumuman ini.

IV. PERSYARATAN PELAMAR

1. Warga negara lndogesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUB 1945, dan Negara Kesatuan Repubik lndonesia

2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindakan pidana dengan pidana penjara 2 (dua) atau lebih.

3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD atau diberhentikan tidak dengan harmat sebagai pegawai swasta.

4. Tidak berkedudukan sebagai Cilon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri sipil, prajurit TNl, anggota Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah.

5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.

6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.

7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan jabatan yang dilamar.

8. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari rumah sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir). 9. Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik lndonesia.

10. Pelamar umum merupakan lulusan:

a. Strata-2 (S2) dari perguruan tinggi terakreditasi B dan program studi terakreditasi B pada saat lulus dengan lPK2,75 (dua koma tujuh lima dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari skala 4;

b. Sarjana (S1) dari perguruan tinggi terakreditasi dengan IPK 2,75 (dua koma tujuh lima dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari skala 4;

11. Untuk pelamar dari Putra/Putri Papua dan Papua Barat dari perguruan tinggi terakreditasi dengan lPK 2,75 bagi Strata-2 (S2), dan lPK 2,50 bagi Sl (nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari skala 4;

12. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun 0 bulan 0 hari pada tanggal 1 Desember 2017.

TATA CARA PENDAFTARAN

1. Dokumen persyaratan pelamar terdiri dari:

a. Surat lamaran ditujukan Kepada Menteri Pertanian Rl di Jakarta, ditulis tangan/diketik menggunakan komputer bermaterai Rp. 6.000,- ditandatangani derlgan pena warna hitam.

b. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli atau Surat Keterangan telah melakukan rekaman Kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

c. Apabila domisili pelamar tidak sesuai dengan alamat KTP, yang bersangkutan hdlus membuat surat keterangan dari Lurah/Kepala Desa yang menyatakan yang bersangkutan telah berdomisili di tempat tersebut minimal 1 (satu) tahun. :

d. ljazah dan Transkrip Nilai ljazah asli.

e. Surat Pernyataan harus diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp. 6;000,- dan ditandatangani oleh pelamar dengan pena-benruarna hitam (format surat pernyataan dapat diunduh dilaman: https ://sscn. bkn.go. id).

f. Pas photo berlatar belakang warna merah berukuran 3 x 4 (1 lembar). 2. Pendaftaran dan unggahan dokumen persyaratan dilakukan secara online melalui laman https://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor lnduk Kependudukan (NlK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP/ Nomor rnd’uk

Kependudukan (NlK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK)

3. Batas waktu pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan pelamaran dimulai pada tanggal 11 september s.d. 25 september 2017 (ditutup pukul 23.59 WIB). 4. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dapat mencetak kartu peserta ujian secara online melalui laman: https://ssc’n.bkn.go.id dimulai ,pada tanggal 2 Oktober s.d. 6 Oktober 2017.

VI. TAHAPAN SELEKSI

Tahapan seleksi sebagai berikut:

1. SeleksiAdministrasi.

2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan CompuferAssrsted Test

(CAT)dengan bobot 40%.

3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan bobot 60% terdiri atas:

a. jabatan fungsional menggunakan CompuferAssrsted Test (CAT).

b. jabatan pelaksanad anfu ngsionaldosendengan PsikotesUwawa ncara.

VII. SISTEM KELULUSAN

1. KelulusanAdministrasi

Kualifikasi pendidikan 52 dan Sl didasarkan pada hasil verifikasi dokumen yang telah diunggah dan kelulusan seleksi administrasi akan diumumkan oleh panitia pada laman https://cpns.pertanian.go.id. Bagi pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi wajib mencetak kartu peserta ujian dari laman https://sscn.bkn.go.id.

2. Kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) didasarkan pada nilaipassrng grade yang diatur dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur

Negara dan Reformasi Birokrasi.

3. Peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) adalah peserta yang lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan secara peringkat tidak melebihi 3 (tiga) kali alokasi formasi yang dibutuhkan pada jabatan dalam satu

wilayah.

4. Kelulusan Akhir ditentukan berdasarkan hasil integrasi Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang yang diatur dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokr

VIII. LAIN-LAIN

  • Pengumuman penerimaan dilakukan melalui website SSCN.BKN dan
  • Kementerian Pertanian tanggal 5 september-19 september 2011 .
  • Tempat Pelaksanaan tahapan seleksi dilaksanakan di BKN Pusat, 12 (dua belas) Kantor Regional BKN dan B UpT BKN
  • Terhadap peserta yang tidak hadir dan/atau tidak mampu mengikuti tahapan seleksi dengan alasan apapun pada.waktu dan tempat yang ditetapkan, maka dinyatakan gugur.
  • Apabila terdapat peserta yang telah dinyatakan lulus dan diterima kemudian mengundurkan diri/digugurkan, maka panitia dapat menggantikan dengan peserta yang memiliki peringkat terbaik dibawahnya berdasarkanhasil keputusan rapat.
  • Jika ada pihak-pihak baik yang mengatasnamakan panitia dan/atau pejabat di lingkungan Kementerian Pertanian yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dengan motif apapun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan.
  • Apabila dalam pelaksanaan tahapan seleksi atau kemudian hari setelah adanya pengumuman kelulusan akhir, diketahui terdapat keterangan pelamar yang tidak sesuai/tidak benar, Panitia sereksi dapat menggugurkan kelulusan yang bersangkutan.
  • Pendaftaran dan seluruh proses seleksitidak dipungut biaya.
  • Keputusan Panitia Seleksi tidak dapat diganggu.gugat.
  • lnfomasi resmi yang terkait dengan pelaksanaan seleksi cpNS Kementerian Pertanian Tahun 2017 adalah: laman https://cpns.pertanian.go.id.
  • Pendaftaran dilakukan secara Online
  • Tertarik, Silakan Daftar